Sunday, March 4, 2012

Skema Perancangan basis data berdasarkan pengumpulan data dan analisa

Dalam skema perancangan basis data berdasarkan pengumpulan data dan analisa ini kita akan mengambil contoh sebuah kasus pembuatan sistem informasi pekerjaan mahasiswa suatu universitas. Untuk itu berdasarkan pengumpulan data dan analisa di dapatkan kebutuhan kebutuhan suatu sistem basis data sebagai berikut :

1.       Ditinjau dari tujuan pembuatan basis data berdasarkan aplikasinya, basis data dibuat untuk memudahkan user atau pengguna dalam merekap data status kerja untuk setiap kelas, jurusan , dan mahasiswa itu sendiri.
Perekapan data Status Kerja terdiri dari Nim, Nama, Jurusan, Perusahaan tempat bekerja, Mulai bekerja, dan Selesai Kuliah, serta dosen pembimbing.

2.       Kelompok pemakai aplikasi atau basis data adalah dosen bidang hubungan industri yang bertindak sebagai user, atau kelompok lain yang diberikan wewenang untuk mengakses aplikasi oleh pihak yang bersangkutan.

3.       Dari peninjauan dokumentasi, dokumentasi-dokumentasi yang berkaitan dan diperlukakan untuk perancangan basis data prakerin adalah dokumen (data) mahasiswa, data kelas, data jurusan, data perusahaan, data dosen pembimbing.

Dari data-data tersebut dapat diambil untuk pembuatan form dan report sebagai berikut :

a.       Form, dari basis data Status Kerja ini akan dibuat form-form berikut :
Form Mahasiswa
Form Jurusan
Form Kelas
Form Pembimbing
Form Perusahaan
Form Kerja

b.      Report, basis data prakerin akan pada akhirnya untuk membuat sebuah report berikut :


             
   4. Dari data-data diatas maka dapat diambil sebuah design database sebagai berikut :

Do you like this post? Please link back to this article by copying one of the codes below.

URL: HTML link code: BB (forum) link code:

No comments:

Post a Comment